MERENCANAKAN PENGALAMAN “SURABAYA BIG BAD WOLF 2016”

Ketika ‘Big Bad Wolf Books 2016’ pertama kali diadakan di Tangerang bulan Mei yang lalu, saya sungguh iri dengan teman-teman yang tinggal berdekatan dengan lokasinya.  Banyak ibu yang mengunggah hasil perburuan buku-buku impor di Instagram mereka. Makin gigit jari saya. Beberapa toko buku online bahkan membuka jasa titip pembelian buku, pastinya harga bukunya jadi naik sekian ribu rupiah ditambah ongkir.

“Sudah…ga usah jutek gitu napa sih. Ntar Surabaya kan kebagian. Ga usah ikut-ikutan nitip beli, ” kata suami saya.
Dia sudah hapal, saya bisa betah di toko buku berjam-jam, dan tidak akan menemukan keasyikan mencari buku jika hanya menitip. Saya pesimis dengan kata-katanya. Sepertinya akan terwujud bertahun-tahun lagi.

Tapi ternyata Tuhan lebih sayang suami saya , dan mendengarkan kata-katanya. Big bad Wolf 2016 akan diadakan tanggal  20 – 31 Oktober 2016 di JX International, Surabaya. Horeeeee….

image

Nah, agar peristiwa ini dapat dijalani dengan menyenangkan, maka perlu sebuah perencanaan yang matang.

Hah?!
Segitunya?
YA.

Ini bukan peristiwa harian. Buku impor diskon 60%-80%. Hitung juga populasi kota Surabaya yang sudah mengincar hal serupa. Ini bukan sekedar Bazaar Buku Murah, ini peperangan pemburu buku murah.

Jadi, saya akan berbagi perencanaan saya menghadapi peperangan ini.

1. Siapkan anggaran belanja

Ini harus dilakukan untuk saya karena saya bisa kalab kalau lihat bazaar buku. Tetapkan batas anggaran agar kita tahu batas kemampuan belanja kita nanti dan mencegah rasa bersalah karena belanja berlebihan.

2. Buat daftar judul buku yang hendak dibeli
Terlalu banyak buku yang hendak saya beli jika mau dituntaskan nafsu ini he he. Membuat daftar buku berguna untuk mengatur prioritas belanja, dan tetap pada jalur penyesuaian anggaran.  Meskipun yang dijual buku impor dengan diskon besar, bukan berarti kita jadi sembarangan membeli. Ada banyak buku bagus terbitan Indonesia yang setara dengan buku impor. Jika Anda tahu ada buku yang mirip terbitan Indonesia, atau justru kita bisa membuatnya sendiri, mengapa harus membelinya? Contohnya, buku kegiatan menulis atau menggunting untuk anak-anak. Ada banyak lembar kegiatan di Pinterest dengan gambar lucu yang bisa kita unduh dengan gratis.
Jika mau tahu daftar buku yang hendak saya beli, baca sampai tuntas ya 😄

3. Usahakan datang pada 3 hari pertama

Ini target pribadi sebenarnya. Sebagai pencinta buku, saya merasa kecewa jika datang mendekati penutupan. Di sisi lain, jika kita datang pada awal, pilihan bukunya masih banyak yang artinya, daftar belanjaan saya bisa terpenuhi

4. Jika hendak membawa si kecil, ajak 1 orang dewasa lainnya.

Membaca banyak komentar para ibu yang datang di Big Bad Wolf  Mei, mereka kewalahan menenangkan anak-anak jika mereka datang hanya berdua dengan si kecil. Meskipun tempatnya luas dan tertata, tapi di dalamnya banyak orang. Bisa jadi anak-anak (macam Arel) tidak nyaman dengan kerumunan orang dan menjadi bad-mood. Jika ada satu orang dewasa lain, kita bisa bergantian menjaga si kecil dan tetap melanjutkan belanja.

DAFTAR BUKU IMPOR  Pilihan  Emak Ningnong

Okey…bagian ini agak panjang he he 🤗.
Secara pribadi saya masih menganggap kualitas buku-buku anak di Indonesia yang dijual di toko buku masih bertema monoton dan membosankan.

Di Indonesia, kita masih sering terjebak dengan anggapan buku anak yang baik sekedar gambar yang banyak, kalimat yang pendek, dan berisi cerita-cerita moral atau nasihat.
Segera setelah saya punya akun Instagram tahun lalu, banyak akun toko buku online menawarkan banyak buku impor , dan saya segera melek.

Di luar negeri, buku-buku untuk anak sangat banyak macamnya. Cerita yang ditulisnya pun beraneka. Tidak hanya buku cerita, tapi juga buku pengetahuan umum , matematika, geografi atau sebut Anda ingin apa, mereka punya.

Ketika membuat daftar buku ini, ada beberapa alasan yang mendasarinya, yaitu:

a. Belum ada penerbit/penulis buku anak Indonesia yang menerbitkan buku semacam ini
b. Isi bukunya berguna untuk anak dan bisa dibaca sampai ia dewasa
c. Harga aslinya mahal. Lebih murah dan beruntung sekali jika kita membelinya saat diskon besar
d. Jumlah halaman bukunya banyak atau tingkat kesulitan mencetak bukunya perlu keahlian khusus seperti Pop-Up Book.

Saya memasukkan buku-buku cerita anak pada dalam urutan terakhir. Ya…karena di Indonesia buku sejenis ini sudah banyak pilihannya; kecuali…jika ceritanya unik.

Nah…karena saya kaget bahwa daftarnya panjang sekali 😥, maka untuk membacanya silahkan klik link di bawah gambar ya.

image

||DAFTAR BUKU IMPOR untuk ANAK PILIHAN EMAK||

Mengingat, Arel itu berjenis kelamin laki-laki, jadi pilihan bukunya mungkin agak macho, tapi masih bisa dijadikan referensi bagi yang punya anak perempuan.

Semoga yang saya bagikan ini berguna 😚.

4 Comments Add yours

  1. Linda says:

    Buku prehistoric robert sabuda nya dapet ngga mba di bbw sby?

    1. Sevianita says:

      Minggu lalu saya ke sana belum ada. Kata panitianya, belum semua stok buku dikeluarkan. Historium ada langsung diborong orang 😂.

  2. Yenni Saputri says:

    Halo, Mbak 🙂

    Waah… terima kasih untuk daftarnya. Saya jadi ingat pengen beli buku apa saja. Semoga sukses di BBW surabaya. Kalau saya sih kayaknya mau nitip jasa titip aja.

    1. Sevianita says:

      Hi juga Mbak Yenni. Senang bisa berbagi 🤗 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s