RANGKUMAN KEGIATAN: PASKAH (BAGIAN II : JESUS)

Oleh
Indah Sevianita

Dibandingkan Natal, Arel lebih bersemangat menyambut Paskah. Mungkin karena di Gereja selalu ada drama penyaliban Yesus yang membuatnya terharu.
Di bawah ini adalah beberapa kegiatan kami di rumah. 

TEMA II : JESUS

DECORATIONN EGG DONKEY TAIL CROWN OF THORNS
SALT CUBE CROSS PASCHA STORY SEQUENCING RESSURECTION DAY RETELLING STORY

DECORATION EGG

  • Menggambar pada kulit telur
    Sebelum digambar, saya merebus 3 butir telur ayam kampung. Kenapa mengunakan telur ayam kampung? Karena kulit telurnya berwarna putih. Saya akan mewarnai telur-telur ini dulu. Setelah matang, dinginkan sebentar dengan merendamnya dalam air es.
    Ada beberapa teknik pewarnaan telur. Anda bisa membacanya di sini. Saya menggunakan teknik merendam telur secara bergradasi.
    Setelah usai diwarnai, saya menyiapkan beberapa spidol warna , dan meminta Arel menggambar bebas di atas kulit telur.

Ia langsung mengupas kulit telurnya dan memakan telurnya seusai membuat gambar di atas telurnya.

  •  Domba Paskah
    Masih dengan telur rebus, kali ini saya meminta Arel menghiasnya dengan cara yang berbeda. Menempelkan pom-pom.

paskah-2017-651.jpg

Saya memilih menggunakan isolasi 2 sisi daripada menggunakan lem. Lingkari saja 3/4 telurnya dengan isolasi 2 sisi. Lalu Arel bebas menempelkan pom-pom pada telurnya. Jika sudah, tempelkan 2 mata mainan pada bagian telur yang tidak tertutupi pom-pom, juga telinga dari kertas. Untuk kakinya, saya memotong pipe cleaner dan merekatkannya dengan sedikit lem.

Paskah (11)
Imut-imut ya

DONKEY TAIL

Kegiatan ini saya maksudkan untuk memperingati Minggu Palem; saat Yesus masuk ke Yerusalem dengan menaiki seekor keledai. Saya menggambar seekor keledai tanpa ekor.

Paskah (15)
“Ea….kurang turun sedikit”

Di bagian terpisah, saya membuat ekor keledai dengan kain flannel. Kemudian, saya meminta Arel memasangkan ekor keledai ini pada gambar keledai yang sudah saya tempel di dinding. Syaratnya, ia harus melakukan itu dengan mata tertutup kain.

Kegiatan sederhana ini sangat menyenangkan. Kami bergantian menutup mata dan berusaha memasangkan ekornya dengan tepat. 😂

|| Printable Donkey Tail |

CROWN OF THORNS

Salah satu hal yang sering ditanyakan Arel saat dibacakan cerita atau menonton drama Paskah adalah, “Apa nggak sakit ya, Ma, Tuhan Yesus dipaku tangannya dan kakinya? Dikasi mahkota duri kepalanya?”

Paskah 2017Agar ia mendapat sedikit ‘rasa’ sakit yang diderita Yesus di kayu salib, saya mengajaknya membuat ‘mahkota duri’ dari playdough dan tusuk gigi.
Saya selalu membuat sendiri playdough. Ada banyak resep yang bisa Anda coba di Pinterest.

Di atas meja saya meletakkan playdough (warna putih), dua sendok makan bubuk kopi (bisa diganti dengan coklat bubuk), dan beberapa tusuk gigi.
Arel harus mencampur playdough dengan bubuk kopi agar menghasilkan warna kecoklatan. Ini sekalian latihan menguatkan remasan tangannya. Setelah tercampur, adonan ini dibagi dua, dibentuk lonjong seperti lontong, kemudian dipilin mirip tali.

Paskah (7)Tahap berikutnya membentuk lingkaran dari playdough yang telah dipilin tadi. Pada lingkaran inilah, Arel bisa menancapkan tusuk gigi sebanyak yang ia mau. Sesekali ia sengaja menyentuhkan telapak tangannya pada tusuk gigi sambil bergumam, “ditaruh di kepala, sakitnya kayak apa ya?”

SALT CUBE CROSS

Sebenarnya, saya lupa kalau akan membuat kegiatan ini, sehingga tak sempat mencari gula kotak/kubus. Akhirnya saya membuat Garam Kubus 😅. Sebungkus kecil garam saya campur dengan satu sendok makan tepung maizena dan sedikit air agar garamnya lembab. Lalu saya padatkan di dalam kotak es batu, dan membekukannya semalaman. Saya mengeluarkan garam kubus ini tepat saat akan memulai kegiatan .Paskah (9)

Sebelumnya, di meja, saya menyiapkan beberapa gelas air yang berwarna (tetesi dengan pewarna makanan) dan pipet kecil. Setelah garamnya dikeluarkan, saya meminta Arel membuat pola Salib dari Garam Kubus dan meneteskan air warna ke atas garamnya.

Kalau ingin praktis, beli saja Gula Kubus. Jangan seperti saya yang ribet karena lupa he he.

PASCHA STORY SEQUENCING

Kegiatan ini untuk menyalurkan hobi Arel bercerita. Ia sering meminta saya mengulang cerita penyaliban Yesus. Agar saya tahu seberapa paham dia menangkap cerita saya, saya memintanya mengurutkan alur cerita tersebut, dibantu oleh gambar-gambar.

IMG_20170501_194739_743

|| Printable PASCHA STORY SEQUENCING ||

||  Printable Easter Activities ||

RESSURECTION DAY RETELLING STORY

Paskah 2017 (10)
Kubur Batu yang dibuat Arel di Gereja

Pada Ibadah  Paskah Anak di Gereja, Arel membuat sebuah miniatur Kubur Batu yang terbuka. Sepulangnya dari Gereja, ia tak berhenti mengulang cerita kakak pembinanya tentang Kebangkitan Yesus sambil memamerkan hasil karyanya. Ia meminta saya membuatkannya Kubur Batu lagi.

Jadilah saya membuatkan untuknya diorama sederhana agar Arel bisa bercerita dari Penyaliban hingga Kebangkitan Yesus. Saya mendapatkan printable yang indah di Pinterest. Setelah saya cetak, saya menggunting, melaminasinya dan menempelkan paper clip di bagian belakangnya agar gambarnya bisa berdiri (bisa diganti dengan playdough).

||Printable RESSURECTION DAY RETELLING STORY||

Nah, itu sekilas tentang kegiatan bermain belajar Arel di rumah saat memperingati Paskah yang lalu.

Semoga beberapa kegiatan kami bisa memberi beberapa ide bagi para orangtua yang ingin menanamkan kecintaan pada Tuhan pada si kecil; dimulai dari rumah.

Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s