HAPPY BIRTHDAY, AREL

Oleh
Indah Sevianita

 

Wow. Lima tahun yang lalu, saya mendapat nama baru.

‘Mama’.

Proses menjadi seorang ibu bagi saya bukanlah proses yang serta merta tercipta saat Arel terlahir. Saya berjibaku dengan ketidaksiapan menjadi ibu, baby blues syndrome, beradaptasi dengan peran baru, dan harus meninggalkan pekerjaan di kantor untuk menjadi ibu rumah tangga.

Pada awal masa-masa menjadi ibu, bukanlah masa yang mudah buat saya. Saya ini tipe perencana. Senang sekali merencanakan sesuatu. Hidup saya tidak pernah terlalu jauh dari buku agenda dan lembar ‘to-do-list’. Bahkan kalau bisa, perasaan pun saya rencanakan. Memahami seorang bayi yang belum bisa ‘berbicara’ dengan pola kehidupannya yang jungkir balik, membuat saya seperti dikejar-kejar tenggat waktu. Ada banyak hal yang harus segera saya pahami dan bereskan sebelum dia bertumbuh kian besar.

Saya sempat kehilangan diri sendiri waktu itu, hingga suatu siang saat Arel berusia satu setengah tahun, saya mengajaknya melukis. Kami masing-masing memegang kuas  dan berhadapan dengan selembar kertas. Rasanya menyenangkan sekali. Akhirnya saya menemukan rumusan yang tepat untuk beradaptasi dengan peran ibu sekaligus memberikan edukasi sederhana pada Arel di rumah.

Negeri Nower pun tercipta, dan saya menyukai setiap prosesnya.

Pada tahun 2017 ini, Arel genap berusia lima tahun. Rasanya waktu berlalu begitu cepat. Sepertinya baru kemarin dia masih sepanjang lengan saya; sekarang sudah bisa ngomelin Emaknya karena menghabiskan biscuit coklat yang disimpannya di kulkas.

Sebagai rasa syukur saya pada Tuhan, di minggu ulang tahunnya, saya menyiapkan kegiatan main belajar Arel bertema ulang tahun dan keluarga. Saya lebih banyak bercerita tentang awal-awal pertumbuhannya, tentang Ayahnya dan saya, dan mengajaknya menelusuri ingatan tentang lima tahun pertamanya.

BIRTHDAY CAKE PICTURE

FAMILY PORTRAIT PUZZLE BIRTHDAY I SPY GAME FRUIT OF THE SPIRIT
DECORATING CAKE AREL’s STORY STONES

CARDBOARD PUZZLE: SURABAYA BIRTHDAY

 

BIRTHDAY CAKE PICTURE

birthday 5th (31)

Saya membuat gambar sebuah kue ulang tahun besar dari lem tembak. Kemudian Arel bisa mempercantik gambar itu dengan melukisnya

FAMILY PORTRAIT PUZZLE

birthday 5th (32)

Anda bisa membuat kegiatan ini dengan mudah. Pilih salah satu foto keluarga, cetak, lalu mengguntingnya menjadi beberapa bagian.

Potret ini diambil 2 tahun lalu saat Arel pertama kali ikut tampil dalam acara sekolah. Sambil menyusun puzzle, saya bertanya apakah dia ingat foto ini diambil pada peristiwa apa? Siapa saja orang-orang yang terlibat pada peristiwa itu? Adakah sesuatu yang lucu yang diingatnya waktu itu? Pertanyaan -pertanyaan semacam itulah. Ini melatih ingatan jangka panjangnya, konsentrasi, persepsi visual, dan emosi.

BIRTHDAY I SPY GAME

Saya sedang kerepotan menyembunyikan hadiah ulang tahun Arel ketika dia meminta dibuatkan kegiatan. Akhirnya saya beri dia lembar kegiatan ini. Sekali simple begini he he. Sekalian belajar menghitung.

birthday 5th (33)

|| Printable – Birthday I Spy Game ||

 

FRUIT OF THE SPIRIT

Sebulan menjelang hari ulang tahunnya, Arel mudah sekali marah. Entah karena memang masanya atau hanya sedang badmood dia jadi begitu. Saya menyisipkan kegiatan ini pada kegiatan tema ulang tahunnya, agar saya bisa mengulang sedikit tentang cerita-cerita Alkitab yang didapatnya di sekolah minggu. Bahwa anak-anak Tuhan adalah anak-anak yang penuh cinta kasih dan kebaikan; tidak suka marah-marah, dan suka membantu Mamanya (hi..hi…ga papa kan?!)

birthday 5th (37)

DECORATING CAKE

Tahun ini kami sengaja tidak membuat perayaan ulang tahun untuk Arel. Meskipun sudah ada hadiah khusus untuknya, dan kue ulang tahun, tapi kami ingin tahun ini lebih sederhana untuk keluarga.

birthday 5th (41)

Agar ia tetap bersuka cita, saya membelikannya sebuah kue sederhana tanpa hiasan, lalu meminta Arek menghias kue ini dengan permen coklat dan permen kesukaannya.

AREL’s STORY STONES

Salah satu hadiah kecil saya untuk Arel adalah album foto tentangnya sejak usia 7 bulan kandungan hingga 5 tahun usianya. Lalu saya membuat story stones sederhana untuk membantunya mendapat gambaran perjalanan hidupnya mulai bayi hingga ulang tahunnya yang kelima.

birthday 5th (45)

Story stones bisa dibuat sendiri. Saya memakai bebatuan taman berwarna putih lalu menggambarinya dengan spidol.

CARDBOARD PUZZLE: SURABAYA BIRTHDAY

 Ulang tahun Arel hanya beda sehari dengan ulang tahun kota Surabaya. Agar dia tahu bahwa kota kelahirannya juga sedang merayakan ulang tahun, saya membuatkannya puzzle karton sederhana.

 

Selamat ulang tahun ya, Nak.

Setiap ulang tahunmu, Mama juga merayakan hari jadi ‘ibu’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s