KEGIATAN BERTEMA ‘THE VERY HUNGRY CATERPILLAR’

Oleh
Indah Sevianita

Buku yang satu ini, telah menjadi kecintaan banyak orangtua dan anak-anak di penjuru dunia. Anda bisa membaca ulasan saya mengenai buku ini di sini.

Langsung saja ya, di bawah ini adalah beberapa kegiatan kami bertema The Very Hungry Caterpillar

CATERPILLAR PAPER CRAFT

FEEDING THE CATERPILLAR

BEGINNING LETTER SOUND

THE CATERPILLAR PANCAKE

BUTTERFLY LIFE CYCLE

HUNT THROUGH THE CATERPILLAR

LACING ACTIVITY

PHONIC GAME

DAYS OF THE WEEK

CATERPILLAR PAPER CRAFT

IMG_20170928_114205_463

Pola ulat kertas ini bisa diunduh di sini ya.

Anda bisa mengajak si kecil untuk latihan menggunting polanya. Harus siap lihat guntingannya miring-miring ya. Saya membuat sedikit perubahan pada ulat kertas ini. Pada bagian ekor dan kepala, saya menusukkan tusuk sate, sehingga ulatnya bisa digerakkan maju mundur.

FEEDING THE CATERPILLAR

Berhitung bersama si ulat. Kita membuat ulat dulu ya.

IMG_20170929_123855_876

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Gelas kertas / tabung kertas bekas keripik kentang
  • Kertas gambar ( atau jika ada kertas buffalo berwarna merah dan hijau), crayon
  • Gunting, lem, cutter
  • Gambar makanan, dan buah-buahan pada printable ‘The Caterpillar Activity Box’

Cara Membuat:

  • Buat lingkaran pada kertas gambar sebesar lingkaran gelas kertas.
  • Gunting, lalu buatlah gambar mata ulat. Lalu warnai seperti gambar ulat pada buku. Tambahkan juga antena di atas kepalanya.
  • Buat irisan tipis di bawah mata ulat. Ini akan menjadi lubang mulut untuk memasukkan gambar.
  • Oleskan lem pada pinggir lubang gelas kertas, lalu tempelkan gambar kepala ulat tadi. Ulat kertas kita sudah jadi.

Presentation1

Cara kami bermain :

  • Kami membaca bukunya terlebih dahulu.
  • Lalu saya minta Arel untuk menceritakan ulang, sambil menghitung jumlah makanan yang dimakan si ulat.
  • Jika Ulat memakan satu apel, Arel harus memasukkan gambar Apel ke dalam mulut si Ulat. Begitu seterusnya.

BEGINNING LETTER SOUND

Buku The Very Hungry Caterpillar, ditulis dalam Bahasa Inggris. Jadi saya menerjemahkan ulang buku ini ke dalam bahasa Indonesia, dan membuat salinannya untuk Arel. Beberapa bulan terakhir, Arel bersemangat untuk belajar membaca. Kartu-kartu ini bisa menjadi alat latihan membacanya.

IMG_20171001_084057_068

Cetak saja dari printable yang saya bagikan. Lalu minta si kecil menyebutkan nama gambar dan memilih salah satu huruf yang dianggapnya menjadi huruf depan nama gambar itu. Saya menggunakan penjepit kayu kecil untuk Arel. Anda bisa menggantinya dengan stiker, batu, kancing atau permen.

THE CATERPILLAR PANCAKE

Saya menunggu hari Sabtu khusus untuk kegiatan ini. Kenapa? Karena dalam bukunya, pada hari Sabtu, si Ulat Lapar makan banyak sekali makanan manis, salah satunya es krim. Favorit saya dan Arel hihihi 😄. Juga, pada hari Sabtu, biasanya Oma dan Opa atau sepupu Arel berkunjung ke rumah. Jadi bisa seru makan bersama-sama.

1506747296751

Anda bisa menggunakan resep kue panekuk kesukaan keluarga, atau tepung panekuk siap olah. Saya masih setia dengan resep panekuk dari Martha steward di sini.

Saya membagi adonannya menjadi 3 bagian : 1 bagian berwarna merah (saya beri pasta stroberi) untuk kepala ulat, 1 bagian berwarna hijau (saya beri pasta pandan) untuk kepala ulat, dan terakhir 1 bagian tidak diberi pewarna, hanya vanilla saja. Adonan merah saya buat sedikit karena hanya dibutuhkan 1 saja untuk tiap piring.

Masak panekuk seperti biasa. Lalu tata serupa ulat pada piring, dan beri 1 sendok besar es krim kesukaan si kecil. Lezaaatnya….😍.

BUTTERFLY LIFE CYCLE

1506937241211

Anda bisa menggunakan printable dari ‘The Caterpillar Activity Box‘. Saya termasuk orang ‘kurang kerjaan’, jadi bisa sempat membuat beberapa mainan ini dari kain flanel. Anda juga bisa menggantinya dengan pasta, atau playdough. Bebaskan imajinasi. Baca bukunya kembali untuk menyusun cerita hidup si ulat mulai dari telur hingga menjadi kupu-kupu.

Nah, ada satu mainan kertas lagi yang saya buatkan untuk Arel; Butterfly Life Cycle-Flextangle. Polanya bisa Anda unduh di sini.

HUNT THROUGH THE CATERPILLAR

1507012235476

Selain mengenalkan metamorfosis kupu-kupu, buku The Very Hungry Caterpillar juga mengajarkan anak tentang makanan yang baik dan sehat untuk tubuh. Kali ini saya menyiapkan permainan sensori.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kotak untuk permainan sensori
  • Kertas krep warna hijau
  • Bola gabus berukuran kecil
  • Penjepit kecil
  • Gambar makanan dari printable (laminasi dulu ya. Agar dapat dipakai berulang kali)

Cara Membuat:

  • Gunting kertas krep memanjang, pisahkan tiap helainya, kemudian letakkan dalam kotak sensori.
  • Masukkan gambar-gambar makanan dan bola-bola gabus ke dalam kotak yang berisi kertas krep. Atur sedemikian rupa, agar gambar bisa tersebar dan tersembunyi.

1507013167763.jpg

Cara kami bermain :

  • Saya menambahkan 2 mangkuk plastic kecil. Satu mangkuk untuk makanan sehat,yang lain untuk yang kurang sehat.
  • Saya bilang pada Arel, kertas krep itu adalah ulat yang lapar. Arel harus membantunya mencari makanan dalam kotak, dan mengelompokkannya pada dua bagian yang terpisah. Arel harus mengambil makanannya dengan capitan/pinset
  • Arel saya ajak berdiskusi singkat, tentang alasannya menggolongkan satu makanan tertentu. Sosis misalnya, bagi Arel makanan sehat; karena dia suka rasanya. Es krim dimasukkannya pada kelompok makanan kurang sehat. Dia bilang, “ Mama ngomel terus kalau aku makan es krim.” 😅.
  • Tips : Anda bisa mengganti kertas krep dengan spageti atau mie yang sudah direbus dan diberi pewarna hijau. Jika Anda memiliki mainan berbentuk buah-buahan atau makanan, Anda bisa memasukkannya dalam kotak sensori.

LACING ACTIVITY

1507608678201

Kegiatan ini baik untuk melatih kelenturan jemari anak. Saya membuat ulat dari pipe cleaner warna merah (untuk bagian kepada dan ekor) yang saya gabungkan dengan pita hijau selebar 0,5cm untuk bagian tubuhnya. Gambar makanan dan buah pada printable ‘The Caterpillar Activity Box’ setelah digunting, saya lubangi bagian tengahnya dengan pelubang kertas. Minta si kecil memasukkan ulat melewati lubang, sesuai dengan makanan yang dimakannya pada buku cerita

PHONIC GAME

1507697996915

Permainan ini mirip dengan Beginning Letter Sound. Kali ini saya membuat dua tabung ‘ulat’ dari gelas kertas (seperti pada kegiatan feeding the caterpillar). Masing-masing ‘ulat’ meminta makanan khusus dengan huruf depan tertentu. Saya memasukkan mainan makanan dan buah yang sudah saya buat dengan kain flanel pada mangkuk terpisah yang saya isi bola gabus kecil (Anda bisa menggunakan gambar makanan dan buah pada printable).

Arel harus memasukkan makanan sesuai huruf yang saya letakkan di depan ulat kertas. Boleh sambil melirik kartu baca.

DAYS OF THE WEEK

Saya mengajak Arel membaca bukunya terlebih dulu. Lalu memintanya menempel bulatan bertuliskan nama hari, sesuai cerita, dan warna pada ulatnya. Setelah tertempel semua, saya mengajaknya mengingat lagi, makanan yang dimakan ulat pada hari-hari tertentu. Kami juga belajar tentang pemahaman kemarin-hari ini- besok-lusa dengan permainan ini.

Waaah…banyak ya ternyata kegiatan yang bisa dilakukan dengan 1 buku kecil ini. Sebenarnya masih ada beberapa lagi; seperti membuat kupu-kupu origami, menempel stiker kupu-kupu di kaca rumah, tapi saya lupa memotretnya he he. Saya juga menyempatkan waktu membuat mainan dari kain flanel akibat kegemasan saya pada buku ini.

1506915565205

Anda bisa membuat kreasi main belajar lebih banyak lagi dari buku The Very Hungry Caterpillar.

Sembilan kegiatan yang saya tulis di sini, hanya sebagian kecil saja.

Semua kegiatan yang saya tulis ini, saya unggah di Instagram dengan kode #nowerian_hungrycaterpillar.

Silahkan diunduh printable sederhananya and remember to tag or mention me if you use this printable and upload your picture on instagram or facebook.

***

 

Daftar Printable:

  1. Printable Sekolah Negeri Nower_Hungry Caterpillar_Light Version
  2. Printable Caterpillar Paper Craft
  3. Printable Butterfly Life Cycle Flextangle

Processing…
Success! You’re on the list.

One Comment Add yours

  1. khadijah says:

    kereeen bgt ide nya :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s