KIDS MOM’S SCIE ART : NEW SPIRIT

Olaaa….

Setelah sekian lama, akhirnya terlaksana kembali kegiatan Scie Art di Surabaya.

Jadi, cerita singkatnya begini…

Scie Art tearkhir yang kami adakan adalah di musim liburan panjang pertengahan tahun 2018. Estafet 3 hari untuk 3 kelompok. Kebayang kan ribetnya nyiapin bahan, dan extra power untuk pelaksanaan kegiatan. Setelah itu saya diajak oleh Mbak Wina untuk  mengisi kulwap dengan materi baru dan menantang tentang calistung.

Baru jeda beberapa minggu, saya diminta mengisi acara Scie Art khusus permintaan Gereja.

Menyenangkan, tapi capek ha ha haaah…😝

Saat bulan Oktober datang, harusnya Scie Art diadakan lagi, saya mengibarkan bendera putih. Arel ngomel Mamanya sibuk melulu hi hi hi.

Diundur ke Desember 2018 sekalian Perayaan Ulangtahun  Pertama.

Tapi rencana oh tinggal rencana…

Sayanya siap, eh, ganti Mbak Wina dan Mbak Novena sibuk luar biasa. Batal lagi 😆.

Akhirnya Januari 2019 kami kembali lagi mengadakan Scie Art. Tepatnya tanggal 26-27 Januari 2019.

Karena berdekatan dengan kembali ke bangku sekolah & perayaan  Imlek, kami sepakat temanya “New Spirit” yang kegiatannya tidak jauh-jauh dari tema Tiongkok.

Kegiatan ini dilakukan bersambung selama 2 hari.

Hari pertama, kami mengajak para peserta berkegiatan

  • Melukis Lampion
  • Membuat Mainan Naga
  • Percobaan dengan Permen

Hari kedua, peserta diajak untuk

  • Membuat tempat pensil dari kain flanel

  • Memindahkan air dengan benang
  • Mengapungkan gambar

Saya ulas sedikit ya….

Melukis Lampion kali ini dengan teknik melukis di atas garam. Anak-anak dibantu para orangtua, membuat pola lampion dulu dengan lem. Pola ini kemudian ditaburi dengan garam. Setelah membentuk lapisan garamnya, anak-anak diminta mewarnai lapisan itu dengan cat air encer.

New Spirit (25)

New Spirit (43)

1549323164480

Membuat mainan Naga adalah salah satu mainan kesukaan saya. Membuatnya mudah. Anda bisa membaca cara-caranya di artikel ” IMLEK & CINA ” . Ada penyesuaian bahan untuk kegiatan Scie Art. Agar lebih mudah dibuat, kami mengganti karton tisu dengan botol yang sudah dipotong. Jadi anak-anak tinggal menggunting dan menempel stiker, pom-pom, dan kertas krep. Saya suka sekali dengan stiker sisik Naga dan telinganya; dibuat penuh cinta oleh Bebox.Fun.

New Spirit (84)

New Spirit (128)

1549323117710

Percobaan dengan Permen  merupakan salah satu percobaan yang paling sering muncul dan dimodifikasi di Instagram. Kali ini kami melakukannya dengan meminta anak-anak membentuk permen sesuai huruf depan nama mereka masing-masing. Lumayan kan, sambil belajar Abjad.

New Spirit (101)

New Spirit (68)

Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel juga salah satu kegiatan kesukaan saya di Scie Art ‘New Spirit’. Para orangtua & anak-anak belajar membuat perlengkapan sekolah ini dengan cara yang mudah. Bagian yang saya sukai adalah melihat perbedaan hasil tempat pensil yang dibuat anak-anak. Bahan-bahan dan polanya sama semua, tapi mereka bisa menghasilkan karya yang berbeda.

New Spirit Day 2 (19)

New Spirit Day 2 (105)

Awalnya, saya mengira kegiatan Memindahkan Air dengan Benang  akan sangat cepat usai. Ternyata saya salah. Anak-anak sangat suka percobaan ini. Setidaknya, tiap anak akan mencoba paling sedikit 3 kali untuk memindahkan airnya. Raut wajah takjub mereka itulah yang membuat kami di Tim Scie Art sangat suka mengadakan kegiatan ini. Raut wajah terpesona, penasaran dan ingin mencoba terus.

New Spirit Day 2 (145)

Kegiatan terakhir yang cukup membuat kami sempat panik adalah Mengapungkan Gambar. Kegiatan ini cukup tricky karena lebih mudah dilakukan di rumah. Tapi karena kami ingin mencobanya dengan anak-anak, akhirnya kami mencoba dengan bahan yang berbeda. Jika Anda ingin melakukannya di rumah, Anda hanya membutuhkan 1 piring beling putih/bening, 1 spidol papan tulis yang baru (harus baru), dan segelas air.

WhatsApp Image 2019-02-05 at 12.39.05

Satu yang membuat kami panik waktu itu adalah, beberapa peserta mendapat spidol warna biru, dan ternyata tintanya tidak dapat menempel pada aluminium cup. Untungnya Mbak Novena membawa persediaan lebih, jadi kegiatan ini diselamatkan.

Oke, itu sekilas laporan kegiatan Scie Art ‘New Spirit’.

Sebagai hadiah Tahun Baru Imlek (meskipun tidak ikut merayakan), saya mau membagikan printable gratis. Mau?

Sekolah Negeri Nower_Printable_Imlek
(klik gambar untuk unduh)

 

Syaratnya hanya satu. Anda harus mendaftar dulu untuk menjadi follower blog Negeri Nower untuk mendapatkan kuncinya. Cari saja kolom “Follow Negeri Nower” pada bagian bawah artikel, daftarkan email Anda.

WhatsApp Image 2019-02-05 at 12.32.45
Tampilan Kotak ‘Follow’

Email yang berisi kata kunci akan dikirim maksimal 1 hari setelah pendaftaran. Jika lebih dari satu hari, Anda bisa menulis email langsung pada saya di negerinower@gmail.com

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s