Permainan di hari Lebaran

Hore…

Hari terakhir berpuasa.

Bagaimana Ramadan tahun ini? Apa suka dukanya?

Pasti ada yang berbeda ya dari cerita Ramadan setiap tahunnya. Mungkin tahun lalu si kecil belum ikut berpuasa, tahun ini mulai belajar berpuasa. Mungkin juga tahun lalu Mama bisa berpuasa penuh 30 hari, eh tahun ini ada ‘tamu yang mencuri’ beberapa hari πŸ˜†.

Meskipun keluarga kami tidak berpuasa, tapi karena beberapa anggota keluarga dan banyak teman kami beragama Islam, kami juga selalu punya cerita Ramadan yang berbeda tiap tahun.

Tahun ini Arel mengulang TK B di sekolah yang berbeda. Nah, dia mulai membanding-bandingkan ‘ritual’ sekolah yang berbeda pada bulan Ramadan. Contohnya, di sekolahnya yang lama, ada kebiasaan buka puasa bersama di sekolah; sedangkan di sekolahnya yang baru tidak ada. Kami membicarakan hal itu bersama sambil mengangkat jemuran di loteng jam 5 sore.

Atau adik sepupunya yang tidak ikut berpuasa tapi sering ikut sahur pagi hari lalu mereka berdua berdebat apakah itu bisa dibilang puasa atau tidak.

Atau saat kami melihat kembali foto bersama keluarga besar pada Lebaran beberapa tahun silam, dan menertawakan kehebohan di balik foto indah yang terpampang di dinding rumah.

2016_0717_10514200-1

Apapun itu, Lebaran adalah sebuah tradisi unik bangsa Indonesia yang dirayakan sebagain besar masyarakatnya. Selalu ada cerita setiap tahunnya.

Saya bangga menjadi bagian keunikan itu dan ingin mengajarkan Arel tentang kebaikan yang terkandung dalam tradisi ini.

Anda bisa menemukan beberapa kegiatan Ramadan yang saya perkenalkan pada Arel pada artikel ‘Rangkuman Kegiatan Lebaran 2017’

Lebaran 2017 (91)

Tahun ini, ada banyak artikel tentang tiga buah Nastar sama dengan sepiring nasi malang melintang di beranda Facebook saya. Saya sontak terbahak-bahak, karena sudah menghabiskan setoples kecil nastar yang dibelikan Ayah Arel 1 minggu lalu. Berapa piring nasi yang sudah saya makan ya πŸ™„πŸ˜?

Tidak bisa dipungkiri, Nastar – Kastengel – Putri Salju – Ketupat merupakan rangkaian makanan legendaris pada masa Idul Fitri. Jadi biarkanlah kami para ibu ini berbahagia sejenak mengudap makanan itu tanpa perlu diingatkan jumlah kalori yang masuk. Nanti kalau si kecil kembali bersekolah, kesibukan domestik akan menggerusnya (sedikit 😝).

Sebagai hadiah kecil dari saya untuk para pecinta Nastar, saya membuatkan sebuah printable yang bisa dimainkan ibu, anak, ayah atau semua anggota keluarga. Anda bisa mencetaknya (jika sempat) atau mengunduhnya langsung dan bermain dari gawai yang Anda gunakan.

www.negerinower.com (4)

||Printable_Permainan Mencari Jejak edisi Lebaran||

Selamat Hari Raya Idul Fitri  1440 H untuk semua yang merayakannya bersama dengan kami. Tuhan memberkati 😊


Printable dapat diunduh untuk Subscriber http://www.negerinower.com
Cari bagian Follow Negeri Nower, lalu mendaftar untuk menerima password untuk mengunduh printable
Tampilan Kotak ‘Follow’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s