KEGIATAN BERTEMA KASIH SAYANG

Bentuk Jantung Hati adalah salah satu bentuk 2 dimensi kesukaan saya. Kayaknya so sweet gitu lho …😁.

Saya sempat mengajak Arel untuk berkegiatan dengan bentuk manis ini. Mumpung aroma Hari Kasih Sayang sedang menguar di udara, sepertinya pas banget deh kalau ajak si kecil main-main dengan bentuk Jantung Hati.

MISSING LETTERS

Kegiatan ini untuk mengenalkan Arel pada alphabeth. Saya sembunyikan huruf-huruf yang yang hilang itu ke dalam playdough. Tugas Arel adalah mengeluarkannya dari playdough dan meletakkannya ke tempat yang tepat pada printable.
Untuk kegiatan ini saya menggunakan bebatuan bening yang saya tulis dengan huruf-huruf; untuk disembunyikan dalam playdough.

Dalam video di atas, Arel harus bernyanyi dulu agar dia tahu huruf apa yang ditemukannya dan di mana ia harus meletakkannnya.

Tentunya tiap anak punya cara sendiri untuk menyelesaikan tugas ini. Jadi…ikuti saja alurnya, dan jangan lupa direkam; siapa tahu ada moment lucu atau mengharukan.

HEART SHAPE MAGNET

Kali ini kegiatan kami ada sedikit percobaan sederhana digabungkan dengan sensory bin. Saya menuangkan pasir plastik ke dalam kotak. Lalu meletakkan beberapa kancing dan rantai mainan berbentuk hati. Saya juga membengkokkan pipe cleaner agar berbentuk hati. Tugas Arel adalah mencari tahu bentuk hati yang mana yang bisa menempel ke tongkat magnetnya, dan mencari tahu alasannya.

Anda bisa mengganti media sensory bin dengan pasir kinetik, beras, mie basah atau biji-bijian. Tongkat magnet itu pun saya buat sendiri dengan cara menempelkan magnet bundar (yang bisa dibeli di toko buku) pada sebilah stik es krim. Taraaa….jadi deh.

HEART SHAPE LEGO

Kalau si kecil suka bermain lego, kegiatan ini pas sekali. Saat membuat ini, saya dan Arel tidak menggunakan buku panduan. Jadi kami mereka-reka, mencoba beberapa kali agar susunan legonya dapat terlihat seperti jantung hati. Seru lho…

HEART SHAPE CANDY EXPERIMENT

Ini salah satu favorit saya. Percobaan yang satu ini bisa dimodifikasi dengan berbagai macam warna atau bentuk. Tips dari saya, gunakan air hangat agar si kecil tidak terlalu lama menunggu pendaran warna gula terlihat pada piring.

Anda juga bisa mencoba membandingkan beberapa merk permen coklat yang berbeda; untuk melihat kepekatan pendaran warna gulanya.

VALENTINE’S PLAYDOUGH

Suka membuat playdough sendiri? Nah, coba kali ini buat dengan menggunakan warna-warna bertema kasih sayang seperti merah muda, ungu, merah dan gunakan cetakan berbentuk hati. Anda bisa gunakan resep playdough favorit Anda (googling saja atau cari di Pinterest banyak kok)

Gabungkan dengan aneka kancing warna-warni, dan kita bisa minta si kecil menancapkan mereka pada playdough sesuai warna playdough yang Anda buat. Atau mencari kancing yang bentuknya hati di antara kancing-kancing yang beragam bentuknya.

Selain kegiatan di atas, masih ada beberapa kegiatan sejalan dengan tema Kasih Sayang seperti membaca Buku Guess, How Much I love You, Belajar Lawan Kata, Lunch Box Notes, dan Love Paper Wheel.

|| Printable_Valentine’s Missing Letters||

Selamat bermain 😊

***

Processing…
Success! You’re on the list.