KEGIATAN BERTEMA DINOSAURUS

Kita memasuki masa-masa yang cukup menegangkan sebulan yang lalu karena virus Corona. Seminggu terlewati dengan anjuran Pemerintah untuk mengurangi pertemuan tatap muka di masyarakat. Sekolah mulai menerapkan Belajar Jarak Jauh hingga anak-anak bisa tetap di rumah.

Saya tahu, anak-anak mulai bosan dan  rindu bertemu dengan teman-temannya.

Ibu-ibu juga mulai cemas dan menipis stok kesabarannya saat menghadapi anak-anak. Apalagi saat mereka tiap 30 menit sekali membuka tutup kulkas, membuka tudung saji di meja makan dan berteriak, “Nggak ada kue ya, Ma?” (padahal mereka baru saja makan nasi dan ayam goreng dengan porsi bapaknya). Ditambah mendampingi mereka mengerjakan tugas yang kadang bikin kita senewen karena rengekan mereka yang mengeluh susah, banyak dan mulai mengatai kita ‘Momzilla’. Lengkap sudah rasanya ya, Mom. 🤣

Saya tidak bisa membantu banyak dengan keadaan di luar sana. Setelah juga Bekerja dari Rumah minggu ini, saya punya waktu untuk membuat printable Dinosaurus dan rancangan kegiatan selama 2 minggu. Mama bisa menggunakan kedua printable ini untuk tetap memberikan keceriaan di rumah bersama anak-anak.

Kenapa kok temanya Dinosaurus?

Mungkin (tanpa saya sadari), kondisi kita saat ini mirip dengan kondisi yang dialami para Dinosaurus di masa menjelang kepunahannya. Berbadan besar, kuat, dan merajai daratan pada masa itu. Namun ia dikalahkan oleh species mamalia yang mampu bertahan saat perubahan iklim besar-besaran terjadi.

Entah alasannya, mendadak saya mulai mengumpulkan foto-foto Arel yang bertema Dinosaurus dan mulai membuat printablenya. Seperti sebuah harapan yang ingin saya dengungkan secara pribadi, semoga manusia tak bernasib sama seperti Dinosaurus.

…di sisi lain, saya juga baru menyadari, bahwa buku Arel yang bertema Dinosaurus ternyata banyak sekali. Padahal ya ga hobi amat sih Arel dengan Dinosaurus. Paling Cuma T-rex, Triseratops dan Stegosaurus yang dia hapal. Tapi tiap lihat buku atau film Dino, selalu melipir.

Ini sedikit dari  beberapa kegiatan yang pernah kami lakukan di rumah

Jejak Dino: PlaydoughSensory Play: Freezing DinoQuiz DinosaurusDIY: Crayon Dino
Sensory Play: Fosil DinoCraft : Stegosaurus dari KertasCraft : Fosil DinoBergerak seperti Dino

Sebelum saya membahas kegiatan ini lebih rinci, saya selalu menggabungkan kegiatan main dengan buku pendamping. Alangkah sangat baik, jika Mama juga memadukannya dengan buku yang bertema Dinosaurus.

Tahun lalu Arel berburu kumpulan buku Dinosaurus dari Happy Meal- Mc D. Jika Mama memiliki buku-buku serupa, ini saat tepat untuk kembali yang membacanya. Buku yang lain juga sama bergunanya. Mama bisa menggunakan Ensiklopedia Anak tentang Dinosaurus., buku dongeng tentang Dinosaurus atau buku kegiatan bertema Dinosaurus

Kalau ga punya semua gimana? Mama bisa cari beberapa video yang ramah anak tentang Dinosaurus di Youtube. Itu juga bisa digunakan. Tapi ingat, dampingi anak saat menonton dan tidak lebih dari 15 menit.

JEJAK DINO: PLAYDOUGH

Yang diperlukan dalam kegiatan ini hanya playdough dan mainan Dinosaurus. Mama bisa menggunakan playdough yang dijual di toko, atau membuatnya sendiri. Bacalah buku Dinosaurus dan ceritakan bahwa para ilmuwan bisa mendapat gambaran tentang dinosaurus karena ada jejak-jejak kaki mereka membatu di tanah.

Bisa juga minta mereka menekan satu sisi mainan Dinosaurus ke dalam playdough untuk melihat bentuk cekungan pada playdough lalu bandingkan bentuk cekungan itu. Apakah terlihat sama semua?

SENSORY PLAY: FREEZING DINO

Untuk kegiatan ini, Mama harus siapkan malam sebelumnya. Bahan-bahan yang diperlukan adalah mainan dinosaurus, balon, dan air.

Masukkan mainan dino ke dalam balon , lalu tuang air ke dalam balon sampai seluruh mainan terendam dalam air. Masukkan dalam kulkas hingga membeku. Jika sudah membeku, keluarkan lalu minta si kecil membebaskan dino dari es.

Si kecil boleh menggunakan pemukul daging atau uleg-uleg kayu. Sesuaikan dengan usia si kecil ya, Mom. Tips agar es mudah dipecahkan, larutkan sedikit tepung maizena ke dalam air sebelum dituang ke balon. Taburi garam saat hendak dipecahkan. Biar ga perlu ngepel, buat kegiatan ini di teras atau halaman belakang, atau alasi lantai dengan koran.

Quiz Dinosaurus

Ini kesukaan Arel. Tebak-tebakan. Karena buku Dinosaurus milik Arel cukup banyak, jadi saya minta dia membaca beberapa buku dulu, lalu saya beri pertanyaan sesuai jenis Dinosaurus yang Arel baca.

Bisa juga mengelompokkan Dinosaurus sesuai jenis makanan yang dimakannya. Sambil mengenalkan istilah herbivora, karnivora, jenis sayuran dan protein. Pertanyaan-pertanyaan Quizbisa dibaca pada printable.

DIY: Crayon Dino

Saya punya cetakan silikon berbentuk Dino dan puluhan patahan crayon. Ini buatnya mudah. Tinggal potong crayon lebih kecil agar muat di cetakan. Panaskan oven, lalu masukkan cetakan silikonnya sampai crayon mencair sempurna. Gak punya oven bisa pake kukusan. Tapi hati-hati agar tidak tumpah ke alas kukusan. Cetakan silikonnya pun tak bisa lagi dipake untuk makanan ya. Tapi tetap berguna untuk main 😆 (harus siap rugi 1 cetakan )

Kalau crayonnya sudah membeku sempurna, keluarkan perlahan dari cetakan, dan bisa digunakan untuk menggambar. Ini Arel membuat cerita Dinosaurus sambil menggambar. Jadinya penuh coretan. Karena setiap kali Dinosaurusnya diceritakan bergerak, maka buku gambarnya juga dicoret sambil ditirukan bunyinya, “ciuhhh…set set…booom.”

Sensory Play: Fosil Dino

Sensory play ini mirip dengan freezing Dino. Bedanya, kali ini dinonya terperangkap dalam jelly. Mama bisa gunakan semua merek jelly. Saat membuatnya tak perlu tambahkan gula agar saat dimainkan tidak mengundang semut. Jika ingin lebih ringkas, tak perlu dipisahkan per cetakan. Masukkan saja mainan dino ke mangkuk besar, lalu tuang cariran jellynya. Tunggu sampai mengeras.

Craft : Stegosaurus dari Kertas

Hore. Bikin-bikin. Untuk hasta karya kali ini saya pilihkan yang mudah. Cuma perlu piring kertas atau kertas gambar yang dipotong lingkaran,karton tisu rol, lem, cat, kuas dan jepit jemuran.

1. Potong piring kertas menjadi setengah lingkaran, lalu warnai dengan cat (crayon juga bisa)
2. Sambil menunggu kering, potong karton tisu menjadi dua. Lalu buat potongan seperti pada gambar.Ini akan dijadikan kaki. Warnai sesuai selera
3. Buat pola kepala dan ekor (bikin yang gampang aja). Beri mata untuk kepala. Lalu tempelkan pada bagian badan dengan lem

Jika selesai diwarnai, gabungkan bagian badan dan kaki. Lalu tambahan jepit jemuran/klip kertas di bagian atas badan Stegosaurus.

Craft: Fosil Dino

Mari membuat sususan tulang belulang Dinosaurus. Mama bisa meggambar sendiri di selembar kertas hitam atau gunakan printable yang saya bagikan. Siapkan cotton buds dan gunting (untuk anak lebih kecil, silakan dipotong dulu cotton buds-nya)

Minta si kecil membayangkan susunan tulang dinosaurus, lalu mulai menyusun cotton buds di atas gambar.

Bergerak seperti Dino

Khusus kegiatan yang satu ini, saya tidak punya gambar. Karena dipotret selalu bergerak, hasil fotonya kabur 😅. Ini menyenangkan untuk meminta anak-anak bergerak menirukan gerakan Dinosaurus. Perintahnya sudah saya tuliskan pada printable ya.

Pada artikel ini saya membuatkan printable kurikulum kegiatan selama 2 minggu. Semoga ini bisa membantu Mama membuat kegiatan menyenangkan di rumah. Printable ini bisa diunduh gratis oleh semua pembaca blog Negeri Nower.

Khusus untuk printable Dinosaurus, bisa diakses untuk Mama yang sudah subscribe/follow blog Negeri Nower. Free. Keuntungannya bisa unduh banyak printable lain.


Printable dapat diunduh untuk Subscriber http://www.negerinower.com

Processing…
Success! You're on the list.

Semoga pandemi ini segera usai, dan kita bisa kembali berkegiatan seperti biasa.

||Printable_Jadwal Kegiatan Belajar||

|| Printable_Dinosaurus ||

3 Comments Add yours

  1. Lanny Rustan says:

    selamat pagi, maaf mau tanya bagaimana caranya saya bisa dapatkan password untuk dapat mengunduh printable di negeri nower

    1. Anonymous says:

      Mama hanya perlu subscribe saja untuk jadi follower blog Negeri Nower. Bisa dicari di bagian bawah ada kotak bertulis “FOLLOW NEGERI NOWER”

      Masukkan alamat email. Nanti ada balasan Negeri Nower yang berisi password 😊

    2. Anonymous says:

      sip sudah bu. trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s