PICTURE SUDOKU

Siapa yang suka main Sudoku?
Saya berkenalan dengan permainan ini saat masih kuliah. Suka sekali dengan Sudoku karena permainan ini mengajarkan kita untuk melihat sebuah pola susunan angka dan melatih penalaran. Pada permainan aslinya, papan Sudoku memakai pola 9 x 9 dengan menggunakan angka 1-9.

Saat saya rajin terlibat dalam pendidikan usia dini (dengan Arel sebagai kelinci percobaan di rumah), ada beberapa pengajaran matematika berupa ‘melihat pola gambar’ yang diberikan pada anak-anak di usia 4-6 tahun. Materi ini juga kembali muncul saat Arel duduk di kelas 1 SD.

Gimana sih contoh pelajaran pola pada anak-anak?
Misal ada susunan warna biru-merah-kuning-biru-merah-……..-…..; lalu anak-anak diminta menebak warna selanjutnya .

Kenapa penting untuk dipelajari anak-anak?
Secara pribadi saya berpendapat, kemampuan manusia melihat sebuah ‘pola berkesinambungan’ akan membuatnya lebih peka dengan lingkungan sekitar, dan dapat membuat prediksi sederhana dalam kehidupan sehari-hari.


Nih, saya beri contoh:
“Kalau aku minta permen coklat ke Mama, pasti nggak dikasi. Kalau aku mintanya ke Papa, disuruh minta ke Mama. Kalau aku minta ke Kakek, langsung diajak ke warung sebelah.
Jadi mulai sekarang kalau aku mau permen coklat, aku langsung minta ke Kakek aja.”

He he..hayo ngaku…siapa yang sering berpikir anak kita kok bisa secerdik itu?
Yup. Karena mereka mengamati, menganalisa sebuah pola kebiasaan yang kita tunjukkan.

Nah, Sudoku adalah permainan sederhana tapi membutuhkan pemikiran dan ketelitian. Agar lebih ramah anak, angka-angka pada Sudoku bisa disesuaikan menjadi gambar-gambar lucu.
Pada artikel ini saya akan berbagi membuat Sudoku sederhana dari kertas karton.

DIY PICTURE SUDOKU

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kertas karton, atau karton bekas susu/pizza/air mineral
  • Gunting, cutter, lem
  • Velcro
  • pensil, spidol,
  • stiker lucu

CARA MEMBUAT

  • Buatlah 2 bujur sangkar besar seukuran 15cm x 15cm
  • Buatlah pola 5 x 5 pada salah satu papan (tiap persegi ukurannya 3cm x 3cm). Sisihkan
  • Pada karton kedua, buat ulang pola 5 x 5 , tiap persegi ukurannya 3cm x 3cm, lalu potong dengan cutter pola ini. Sehingga akan ada 25 persegi kecil
  • Tentukan 5 kelompok gambar berbeda. Misal, ikan-bunga- rumah-awan-cangkir. Lalu gambarlah pada persegi-persegi kecil. (Maka nanti kita akan mendapat 5 gambar ikan, 5 gambar bunga, 5 gambar rumah, 5 gambar awan, dan 5 gambar cangkir)
(Bisa juga ditempel stiker)
  • Tempelkan velcro (perekat) pada bagian belakang persegi bergambar, dan di bagian atas papan Sudoku, seperti pada gambar di bawah
  • Sudoku siap dimainkan

Ini video singkat rangkuman pembuatan Sudoku nya

Umur berapa permainan ini bisa digunakan?
Saya pikir usia 5 tahun sudah bisa dikenalkan dengan pola 2×2. Lalu meningkat ke pola 3×3 dan seterusnya.

Saya sudah menuliskan cara bermain Sudoku Bergambar pada Printable di bawah. Di sana juga ada beberapa tantangan bermain yang bisa dicoba oleh semua anggota keluarga.


(Silakan subscribe untuk mengunduh printable)

|| PRINTABLE_PICTURE SUDOKU| |

Semoga printable yang saya bagikan bisa menjadi salah satu kegiatan bermain edukatif bagi anak-anak di masa Pandemi ini.

Selamat bermain šŸ˜Š.

Processingā€¦
Success! You're on the list.

One Comment Add yours

  1. erlinaleli says:

    Bagaimana cara utk dpt printablenya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s